Apa Kelebihan Blog?


Saya sempat berfikir, apa gunanya blog? Padahal saya ini juga termasuk blogger –kalau dianggap-. Bahkan sampai sekarang pertanyaan itu masih sering muncul dalam benak saya. Ajaibnya, meski saya masih belum tau secara pasti apa yang mampu saya fungsikan dari blog. Saya tetap saja terus terhipnotis untuk terus berselancar didalamnya.
Ketertarikan pada dunia menulis, desain, dan technologi tidak bisa menjauhkan saya pada dunia blog. Yang memadukan unsur dari ketiga hal tersebut.  Tapi apa gunannya share di blog. Toh banyak tempat lain yang lebih menarik untuk menjadi tempat berbagi. Seperti catatan fb atau kompasiana –pikir saya-.
Lantas, apa kelebihan blog dari pada kompasiana atau facebook soal share tulisan. (silahkan dijawab oleh para blogger).
Bukan meremehkan. Tapi saya juga ingin mendapat ilmu dari para blogger yang lebih senior dan fanatik pada dunia blog. Sedang saya masih dalam tahap mendalami.
*Untuk Saudara saya, Muhammad Azim Abidin, saya persilahkan bila berkenan menjawab dan mengawali jawaban dari blogger lain*

41 komentar:

  1. mudah saja, kelebihan blog (utamanya blogspot) lebih fleksibel dan terbuka.. semua konten (gambar, video, suara) bisa dimasukkan kedalam blog. dan yang pasti, di blog bisa mengedit tampilan. kalau facebook? 55juta (mungkin) penggunanya hanya dihadapkan pada tampilan biru khas facebook. lalu kalau blogspot vs kompasiana? kompasiana menang dalam pembacanya yang terorganisir namun kalah telak dalam kecepatan loading maupun seringnya server drop daripada blogspot.. Itu.. salam super hahaha

    BalasHapus
  2. sebenarnya kelebihan dari blog daripada kompasiana atau FB tergantung dari sudut mana kita memandang dan merasakannya.
    Jujur ada banyak org yg merasa lebih nyaman berkutat dengn sebuah catatan utk sngaja di share mlalui FB. Krna dia lebh cenderng melalui HP onlinenya.

    Bila kompasiana sndri biasanya mrka mmg belum menmukan kecocokan di blog bisa jdi
    krna saya pernah memiliki di kompasiana tapi saya lebih nyaman diblog jadi bisa anonim komntar saia terima.

    Dan paling penting asyikkan pake blog. maklum selera orang beda2.. bebaslah asal jangan asal ceplos dan comot tanpa sumber dan memasukkan artikel yang berbau sangat tidak sedap. Krna saya dulu pernah disuruh follow oke bals follow oh dashbor saya penuh dngn gambar menjijikan yng sangat tidak baik.

    BalasHapus
  3. @azim....
    itu pula yang saya rasakan boy,,
    tapi bagaimana soal efektivitas pembaca....apakah juga lebih unggul blog dari pada yang lain?

    mungkin....saya ingin ilmu dari panjenengan yang lebih senior

    BalasHapus
  4. @ustadzah annur...nggeh..memang sangat tepat..tergantung selera...

    toh dunia juga tak mesti harus sama...terima kasih ilmunya...
    harapan dapat ilmu yang berhasil...ehehehe

    terima kasih ustadzah

    BalasHapus
  5. tuing tuing tuing... dari sudut pembaca, okelah blog memang lebih sedikit pembacanya. dan ini merupakan tantangan bagi pemilik blog untuk memperkenalkan blognya supaya memiliki pembaca yang banyak dan setia. caranya? sering2 membaca artikel sesama blogger dan yang lebih penting meninggalkan komen disana. memang susah dan lama untuk menjadikan blog ramai pembaca

    BalasHapus
  6. saya manut sajalah...saya juga cari ngilmu

    BalasHapus
  7. kalo di blog itu lebih bebas..

    soalnya kalo nulis catetan di fb, malah kebosenan yg saya dapet

    ya udah... lebih nyaman di blog.
    kalo misalnya ada yg ga suka dg tulisan sy di blog... yaaa... ngapain juga mampir ke blog saya hehe

    BalasHapus
  8. @naima...ehehehe..benar juga..makasih ilmunya mbak

    BalasHapus
  9. kelebihan blog menyebabkan kita kurang fokus pada salah satu blog, makanya jangan banyak 2 bikin blog, hehehe

    kaya pesen KB, "2 Blog Cukup" hehe

    gak nyambung,
    salam kenal sesama member BE, bedanya saya masih baru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehehehehe..kita sama2 baru..
      em,,,,saya juga cuma punya 1 kok...ini aja udah ribet

      Hapus
  10. di blog,, pengguna lebih bisa full menuliskan kreasinya,, cenderung privasi krn link milik sendiri.. meski d fb ada Home,, tp beda sensasinya dgn kepemilikan Blog.. pengguna n pemilik blog disebut blogger yg sedikit lebih elegan drpd pengguna fb.. fb trllu universal,, sdgkn blog sdkit akademis (melihat tdk smua org dpt menggunakan atw mengoperasionalkan blog),, hehhehee,, #membela diri sbg blogger..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehehehehehehehe...tapi emang lebih specifik...sebagai catatan harian juga

      Hapus
  11. retweet jawaban ajmad muazim. :))
    tambahan dikit menurut gue lebih enak nulis di blog karena bisa nambahin konten gambar/video. kesannya lebih "wah" ketimbang notes di fb. ummmm... blog juga jangkauannya lbih luas. udah gitu aja :|

    BalasHapus
  12. weww..jawaban yang mengesankan, saya juga setuju, blog memang lebih asik, lebih bebas mengkreasikan bagaimana tampilan blog yang akan kita buat, tapi memang benar juga gak semua bakalan berpikiran sama, tergantung sudut pandang dan fungsinya masing-masing juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok....
      saya cuma minta ilmu dari para blogger yang senior...ehehehe

      Hapus
  13. kalo diblog bisa bercerita tanpa berpatok pada huruh dan karakter, kalo ditempat lain nulis banyak malah dianggap nyampah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe..para blogger memang blogger...
      setia pada apa yang ditekuni

      Hapus
  14. wah kayaknya ama azim ada main nih, kalian gak pacaran kan? hahahaha

    kelebihan blog ersonal itu satu coi, kualitas elu berfikir dan menulis di liat dari situ, sebab elu mau kopas elu bakal malu cos nama elu tercantum disini, ketika tulisan orang udah bagus dan bisa bernalar, pasti pola pikirnya juga bagus. tapi itu cuma menurut gua aja brow

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehehehehehe..sarana berbagi yang cocok untuk share yah...
      blog emang keren

      Hapus
  15. tergantung si bang, selera orang beda-beda buat saya sendiri blog adalah dunia baru saya ketimbang facebook si kayanya lebih nikmat di blog kita juga bisa shering apa yang sering kita lakukan setiap harinya, khususnya saya sebagai blogger personal melakukan hal tsb. untuk kompasiana sata belum tau jelas hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pun sudah memutuskan fokus pada blog...
      merasakan menikmatnya kekeluargaan lewat blog energy

      Hapus
  16. kalo blogger bagiku adalah tempat nulis fiksi mini. curhat juga. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehehehehehe...saya juga seperti itu..
      pokokny tulisan saya mau saya lempar ke sini...wewewwewewew..sering2 berkunjung yah!

      Hapus
  17. bagiku blog itu tempat curhat hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwkwkwkwk..emang pacar kemana? *upsssss

      Hapus
  18. sayang gue bukan blogger senior dan berkategori fanatik, jadi ga bisa ngejawab.

    BalasHapus
  19. ikut nambahin aja...
    kalo diblog kita lebih bebas mengkreasikan tulisan kita..
    dengan ditambah gambar misalnya..
    atau mungkin dari segi template yang bisa diganti2...
    agar gak bosan memandang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..apalagi para desainer..bakalan sepet dengan monoton2

      Hapus
  20. klo di fb mah mau cerita kepanjangan ..

    BalasHapus
  21. dari blog gue banyak belajar ,udah gak gaptek2 banget wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwkwkwkwk..emang dulunya gaptek kayak aku gini?

      Hapus
  22. udah di jawab semua deh kayaknya hehehe

    buat gue blog itu pribadi untuk dibagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehehehhe..sama lah.jadi nggak ada istilah copas

      Hapus
  23. Jawabannya ngeri-ngeri ya, keren-keren. Jadi bikin cupu, aku masih blogger pemula :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehehehehe..jangan merendah..saya lebih dasar lagi... :)

      Hapus
  24. iki lho woconen
    http://kaazima.blogspot.com/2012/12/blogger-vs-facebook-vs-kompasiana.html

    BalasHapus
  25. yang jelas aku lebih suka nulis di blog dibanding di fesbuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehehehehe..kalau yang pendek..aku sering di fb sih

      Hapus